PERAN GIGI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Salah satu ciri kehidupan adalah tumbuh dan berkembang. Untuk tumbuh dan berkembang dibutuhkan makanan yang akan diproses lebih lanjut sehingga dapat dimanfaatkan tubuh. Dalam hal ini dibutuhkan makanan sebagai kebutuhan dasar makhluk hidup yang tidak dapat memproduksi makanannya sendiri.

Gigi mempunyai peran pertama dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh manusia. Tahap awal dari berlangsungnya proses pencernaan makanan adalah pengunyahan yang baik. Untuk itu dibutuhkan gigi yang sehat. Gigi juga mengalami tahap tumbuh kembang, dalam perjalanan hidup manusia ada beberapa fase tumbuh kembang gigi, dimana pada setiap fase perkembangan memiliki peran yang berbeda, dan akan dijumpai permasalahan yang berbeda pula.

Selain fungsi dasar gigi dalam pengunyahan, gigi juga mempunyai fungsi sosial, yaitu fungsi verba untuk berbicara dan fungsi estetika atau kecantikan. Bayangkan jika kita kehilangan gigi depan betapa kehidupan sosial kita akan terganggu karenanya.

Keluarga sebagai lingkungan terkecil tempat tinggal manusia, biasanya terdiri dari anggota keluarga dari berbagai kelompok usia, dari usia balita, remaja, dewasa dan bisa jadi hadir pula kelompok usia lanjut.

Beberapa tahapan yang harus di perhatikan untuk menjaga gigi sehat :
1. Masa Kehamilan
Masa kehamilan adalah saat yang penting bagi ibu dan calon bayi, perubahan fisik yang dialami menyebabkan ibu rentan terhadap penyakit gigi dan mulut.

2. Masa Balita dan Anak-anak
Masa balita dan anak-anak perlu mendapat perhatian karena masa pertumbuhan gigi dan masa pergantian gigi dari gigi dewasa dan anak-anak.

3. Masa Remaja dan Dewasa
Masa remaja dan dewasa juga banyak permasalahan gigi yang dihadapi, gigi geraham bungsu yang terpendam, penyakit karies dan radang gusi merupakan penyebab terbesar hilangnya gigi, yang hampir dialami oleh setiap orang.

4. Masa Kelompok Usia Lanjut
Pada kelompok usia lanjut biasanya gigi mulai sensitif dan gangguan pengunyahan mulai dirasa mengganggu, karena hilangnya beberapa gigi.

Adalah hal yang bijaksana apabila dalam keluarga memahami permasalahan yang mungkin akan dihadapi oleh anggota keluarganya, bagaimanapun salah satu anggota keluarga mengalami kesakitan tentu akan berpengaruh dalam aktifitas keluarga secara keseluruhan. Pedoman sederhana kami susun agar dapat menjadi panduan dalam menjaga kesehatan gigi keluarga, sehingga tercipta keluarga sehat sejahtera.

Komentar

Postingan Populer